Pengelola Bianglala Yogya Terancam Pidana

Pengelola Bianglala Yogya Terancam Pidana
Pengelola Bianglala Yogya Terancam Pidana. Polisi terus menyelidiki malfungsi wahana hiburan bianglala di Pasar Malam Sekaten 2018, Jogjakarta. Tak menutup kemungkinan, pengelola wahana tersebut bisa dijerat pidana.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto mengatakan, itu bisa terjadi jikalau dalam penyelidikan ditemukan adanya unsur kelalaian. Pasalnya kejadian itu membahayakan nyawa orang lain.

“Bisa (dipidana) kalau ada kelalaian. Kalau dia prosedurnya harus dicek, prosedurnya harus diganti, sparepartnya misalkan, suku cadangnya harus diganti ternyata tidak. Ya salah dia. Bisa dikenakan (pasal) kelalaian,” ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (12/11).

Terlebih, kendati pun tak ada korban jiwa, namun peristwa menyebabkan sejumlah pengunjung yang sedang naik ke wahana tersebut luka-luka. “Kan yang luka ada. Luka-luka pun bisa (dikenakan pidana). Menyebabkan orang luka,” tutur Setyo.

Ia lantas mengimbau kepada setiap pemilik wahana untuk memperhatikan keselamatan pengunjung. “Jangan hanya melaksanakan untuk keuntungan saja, tetap perhatikan keselamatan. Keselamatan nomor satu,” pungkasnya.

Sebelumnya, wahana hiburan bianglala di Pasar Malam Sekaten 2018 malfungsi. Setidaknya tiga gondola bianglala terbalik. Dalam rekaman video yang beredar di sejumlah grup Whatsapp warga, terlihat masing-masing gondola yang mengalami mal fungsi sarat pengunjung. Bahkan adapula anak usia bayi di gondola terbawah.

Usai terbalik beberapa orang cekatan mendekati gondola. Mereka segera menolong para pengunjung di dalam gondola. Untungnya peristiwa yang terjadi Minggu malam (11/11) tidak menimbulkan korban jiwa.

Langkah awal, jajarannya meminta operator menghentikan operasional. Selanjutnya polisi memasang garis polisi mengitari bianglala tersebut. Ia juga meminta jangan ada yang mendekat kecuali personel yang berwenang.

Comments

Popular posts from this blog

Akan Luncurkan Kartu Nikah, Menag Sebut Buku Nikah Tidak Dihapus

Harga Minyak Mentah Terus Menurun

Diguyur Hujan Sejak Hari Minggu, Sebagian Wilayah Bekasi tergenang Banjir