Akan Luncurkan Kartu Nikah, Menag Sebut Buku Nikah Tidak Dihapus

Akan Luncurkan Kartu Nikah, Menag Sebut Buku Nikah Tidak Dihapus
Akan Luncurkan Kartu Nikah, Menag Sebut Buku Nikah Tidak Dihapus. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, buku nikah tetap ada dan tidak ihapus kendati pemerintah bakal mengeluarkan kartu nikah. Nantinya kartu nikah  berguna sebagai tambahan informasi. Sebab memiliki barcode yang memudahkan pengenalan identitas warga terkait status pernikahan.

“Tidak ada penghapusan buku nikah, buku nikah tetap merupakan dokumen resmi terkait pencatatan nikah. Jadi ini bukan pengganti ini tambahan informasi karena ada barcode di sini yang memudahkan bagi sejumlah kalangan untuk mengetahui identitas stiap warga negara terkait status pernikahannya,” ujar Lukman di Kementerian Agama, Jakarta, Senin (12/11).

Ia juga menyampaikan bahwa urgensi buku nikah itu lahir dari implikasi aplikasi SIMKAH. Sebagai informasi, Kementerian Agama telah meluncurkan sistem manajemen pencatatan nikah mutakhir bernama Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) berbasis web.

Dalam aplikasi tersebut, berbagai informasi terkait pencatatan maupun pendaftaran nikah tersaji dalam bentuk, tabel, statistik maupun grafik secara real-time. Sistem ini terkoneksi dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kemendagri dan Sistem Informasi PNBP Online (Simponi) Kemenkeu.

Dengan adanya SIMKAH, menurutnya, hal itu bisa menjadi upaya proteksi bagi perempuan dan anak-anak terhadap pemalsuan maupun duplikasi data nikah. Dia pun mengatakan bahwa kartu nikah ini tidak ada kaitannya dengan wajib atau tidak wajib.

“Jadi ini adalah kartu yang diterbitkan untuk mempermudah karena ini tahap pertama kan jadi tidak ada kewajiban atau tidak wajib supaya fasilitasi terbitkan sebagai sebuah terobosan bagi kementerian agama kaitannya dengan dukcapil, kaitanya dengan sistem data kependudukan kita yang tentu harapanya semua kita memiliki ini,” jelasnya.

Comments

Popular posts from this blog

Diguyur Hujan Sejak Hari Minggu, Sebagian Wilayah Bekasi tergenang Banjir

Harga Minyak Mentah Terus Menurun